Membuat data berkas pada form input data dengan php

Ok pada sesi postingan kali ini saya tertarik dan mau coba membuat program berkas untuk menangkap data yang di input melalui sebuah form buku tamu atau sejenisnya tanpa memerlukan database, hehe.. oke langsung aj kita mulai menuju ke TKP.


Langkah pertama : yang harus di lakukan adalah kita buat dulu form buku tamu dimana buku tamu tersebut yang nantinya akan di gunakan untuk menginputkan data yang akhirnya akan tersimpan pada program berkas. berikut contoh buku tamu yang telah di buat :



Langkah kedua: Pada langkah kedua ini kita akan mendefinisikan sebuah file, langsung aj kita beri nama contoh file_berkas.php pendefinisian tersebut adalah sebagai tujuan eksekusi program saat tombol simpan pada form buku tamu di klik, maka program secara otomatis akan menyimpan data berkas yang terbentuk. contohnya sebagai berikut:



Keterangan program :


fopen :Digunakan untuk membuka berkas bernama file_berkas.txt apabila file berkas yang dimaksud tidak ada, maka berkas baru akan terbentuk secara otomatis.
fputs :Digunkan untuk menyimpan baris data pada form yang terbentuk.
\n : artinya new line atau ganti baris.
*.* :Memberi tanda akhir dalam satu data lengkap.
fclose :Digunakan untuk menutup berkas setelah semua data di masukan.
include :digunkan untukmemangil halaman bukutamu.html


Demikian setelah program berkas di buat kita dapat melihat hasilnya pada file_berkas.txt yang berada di directory contoh saya meletakan pada directory "C:\xampp\htdocs\website" kemudian cari file bernama file_berkas.txt dari file tersebut kita akan mendapatkan informasi data yang telah di inputkan melalui form bukutamu.html pada uji coba ini saya mencoba menangkap berkas data "Nama, dan Email" saja untuk selanjutnya anda bisa menambah dan mungkin lebih banyak lagi sesuka kreatifitas sampean. selamat slmt mencoba.

No comments:

Post a Comment