Remote Shutdown komputer Via SMS script PHP

Hhhmmm .. Ok, pada postingan kali ini sekedar menggingatkan buat sampean-sampean yang sering lupa mematikan komputer, setelah browsing muter-muter sana sini, akhirnya saya menemukan script yang dapat di manfaatkan untuk me'remote shutdown komputer dari jarak jauh' tepatnya yaitu melalui "sms" dengan HP yang sudah di setting. untuk prakteknya kali ini Hanya mengirimkan SMS berbunyi SHUTDOWN ke SMS center, yang telah disediakan maka otomatis komputer akan shutdown dengan sendirinya. Apakah sms nya harus berbunyi SHUTDOWN? he.. 3x nggak harus, sampean bisa menggunakan keyword SMS lain. Mau tahu cara membuatnya?  Silahkan langsung aj sampean menuju ke TKP.

Pertama, yang sampean harus lakukan adalah dengan membuat PC sampean  sebagai SMS centernya terlebih dahulu dengan mengunakan gammu platform windows atau linux, terserah sesuka sampean aja. serta jangan  lupa menginstall XAMPP juga untuk web servernya, ok!!! guna untuk menjalankan script PHP yang  akan digunakan untuk memproses SMS nya. pada teori pembuatan script remote shutdown komputer via SMS ini adalah dengan cara membuat script PHP untuk membaca sms yang masuk ke dalam database MySQL Gammu. jika isi smsnya berisi SHUTDOWN, maka action  dari SMS tersebut akan melakukan proses shutdown pada komputer sampean. terserah sesuka sampean untuk script SMS bisa di modifikasi seperti apa aja tergantung sampean, script SMS bisa juga sampean modifikasi menjadi "SIKAT KOMPUTERKU" hehehe.. tergantung selera sampean aj dah...  

Untuk dapat menshutdown komputer jika sampean mengunakan windows XP sampean bisa mengunakan command shell atau prompt  berikut scriptnya :



Tapi jika sampean mengunakan mesin Linux, Ubuntu, Slax, ListaX, atau sejenisnya silahkan sampean cari sendiri referensi mengenai Linux atau bisa juga di tanyakan sama Mas Dwie..

Sedangkan script PHP untuk melakukan proses sms yang masuk sekaligus melakukan proses shutdown seperti berikut : 

                               Script shutdown.php                                      

Script index.html



Untuk dapat menjalankan Remote shutdown komputer di perlukan beberapa software yang mendukung di antara sbb :
1.  Gammu 1.25.0 (SMS Center)
2.  XAMPP-win32-1.7.3 atau Linux (Web Server)
3.  Web Browser Firefox 3.6.7 atau sejenisnya. 
Semoga Berhasil.

1 comment:

  1. ribet gan, pakai smsshutdown saja, file kurang dari 1mb dan portable. cukup pakai sms untuk matikan pc.
    lihat di smsshutdown.blogspot.com

    ReplyDelete