Active Directory Server

Pada postingan kali ini saya ingin melengkapi postingan sebelumnya yaitu pada topik DNS DCHP Server, berikut untuk melengkapi  pembuatan domain & NetBIOS  (Jaringan berbasis domain) Bagaimana melakukan Active Directory? Active Directory adalah layanan direktori yang dimiliki oleh sistem operasi jaringan  Microsoft windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows Server 2003/2008. Active Directory terdiri atas basis data dan juga layanan direktori. Basis data yang dimiliki oleh Active Directory di gunakan untuk menyimpan segala sumber daya yang terdapat di dalam jaringan, seperti halnya komputer yang telah tergabung ke sebuah domain "ardhie.us" daftar akun pengguna dan kelompok pengguna, folder yang di-share, dan lain-lain. sementara untuk, layanan direktori yang dimilikinya membuat informasi yang disimpan di dalam basis data  serta dapat diakses oleh pengguna dan aplikasi. Active Directory sebenarnya merupakan implementasi dari protokol Lightweight directory access protokol (LDAP). Ok.. silahkan langsung aja sampean menuju ke TKP

Cara Kerja Active Directory
Elemen dasar dari Active Directory adalah Active Directory Object. sebuah Active Directory Object dapat berupa sebuah akun pengguna, komputer yang tergabung ke dalam sebuah domain Windows Server, Printer, aplikasi, folder, atau sumber daya lainnya di dalam sebuah jaringan, setiap objek memiliki atributnya masing-masing yang berupa properti yang umumnya bersifat unik (tergantung jenis objek tersebut). studi kasus seperti atribut yang dapat dimiliki oleh objek akun pengguna dapat mencakup nama pertama, nama akhir, alamat e-mail, dan nomor telepon. beberapa atribut lainnya memiliki nilai yang telah ditentukan oleh sistem, dan atribut lainnya dapat didefinisikan secara manual (atau bisa dikosongkan). sementara itu, atribut yang dimiliki oleh objek printer dapat mencakup lokasi di mana printer tersebut berada, nomor inventaris aset, jenis printernya, dll. Active Directory juga memiliki peraturan-peraturan untuk mengatur objek mana saja yang dapat disimpan di dalam direktori dan atribut mana saja yang dapat dimiliki oleh objek tersebut. Peraturan-peraturan tersebut, dinamakan dengan Active Directory Schema.

Installasi Active Directory
untuk melakukan installasi Active Directory berikut setting-settingan yang diberikan oleh service server, Windows server akan meminta source CD Master windows server 2003. guna dapat menjalankan intallasi active directory sebuah komputer diminta atau harus terhubung dalam sebuah jaringan (network), karena tanpa terhubung dalam suatu jaringan installasi Active directory tidak dapat berjalan. pada studi kasus ini jika komputer sampean tidak terhubung dalam sebuah jaringan' maka sampean dapat juga memanfaatkan fasilitas "microsoft loopback adapter"  Microsoft Loopback Adapter adalah merupakan sebuah fasilitas yang di sediakan oleh microsoft yang dapat digunakan untuk membuat jaringan "virtual" jadi seolah-olah komputer sampean sudah terhubung ke dalam sebuah jaringan, walaupun tanpa kabel atau wifi sekalipun. 

Berikut langkah installasi Active Directory Server
sediakan terlebih dahulu CD Master Microsoft Windows Server yang mau sampean install, klik tombol start/run kemudian sampean ketik "dcpromo" klik Ok
Setelah pada proses pertama sampean lakukan maka akan tampil wizard dimana pada wizard nanti sampean akan di bimbing pada lagkah selanjutnya berikut tampilan print screenya. 
Klik Next untuk melanjutkan. 
Selanjutnya sampean akan di kenalkan dengan sarmila putrinya pak juri' hehehe.. bukan sarmila beneran maksudnya' tapi sampean akan di pertemukan dengan 2 option, pada option pertama artinya sampean berniat untuk membuat domain baru, option kedua artinya sampean sudah memiliki domain, sampean udah punya doamin blm? kalau belum ya buat baru lah.... pada studi kasus sampean pilih domain controller for a new domain. klik next.
Peoses selanjutnya sampean juga akan di pertemukan dengan 3 buah option antara lain sebagai berikut 
1. Domain in a new forest. artinya pilihan yang digunakan untuk membuat domain baru dalam sebuah forest serta komputer yang bersangkutan akan bertindak sebagai wali.. hehehehe... nglantur' maksudnya sebagai root atau installasi sebuah jaringan yang benar-benar baru.
2. Child domain in an exiting domain tree. artinya memungkinkan sampean membuat sebuah sub domain dari sebuah domain yang sudah ada, contoh sampean sudah punya domain misalnya ista.us kemudian sampean juga bisa membuat sebuah sub domain lagi misalnya listax.ac.id melalui option kedua dengan kata lain sampean harus mempunyai domain yang terbentuk dari option pertama tadi.
3. Domain tree in an exiting forest. artinya yang memungkinkan sampean untuk membuat sebuah tree baru sehinga terbentuk suatu forest, jika sampean sebelumnya sudah memiliki domain ista.us maka pada studi kasus ini sampean juga bisa membuat tree baru dengan nama kombang.com. pilih kemudian klik next.
Kemudian mesin windows akan mengecek konfigurasi DNS server selanjutnya pilih no just install and configure DNS on this computer
masukan nama domain yang ingin sampean buat. "ista.us.id"

Setelah pengecekan keberadaan server DNS ditemukan, installasi active directory akan meminta sampean memasukan nama domain berdasarkan aturan NetBIOS  yang tidak mengenal karakter titik (.) 
Klik next kemudian sampean akan ditanya mengenai lokasi database active directory serta file log active directory, secara default akan diletakan pada direktori C:\Windows\NTDS 
Lalu pilih permission compatible with pre-windows 2000 server operating system. artinya server kompatibel dengan windows 2000 kebawah.
Sampean diminta untuk memasukan password, password disini berbeda dengan password saat sampean menginstall mesin windows, karena password ini merupakan password active directory bukan password untuk login. 
Kemudian akan tampil daftar output yang harus sampean setujui. 
Proses konfigurasi mesin windows telah berjalan.

Finish silahkan sampean lihat hasilnya.

No comments:

Post a Comment